Kamis, 28 April 2016

Tomat Dan Berbagai Manfaatnya



 TOMAT



      Tomat merupakan salah satu buah yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Biasanya, buah ini dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman, sambal kemasan atau sebagai bumbu dapur. Tomat memiliki beragam jenis yang masing-masing mengandung khasiat yang hampir sama.

     Sering mengkonsumsi buah tomat bisa menurunkan kadar tekanan darah tinggi, stroke, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Konsumsi satu porsi tomat sama dengan memberikan 2 gram serat dan memiliki kandungan air relatif tinggi. Banyak orang mengolah tomat dengan cara di jus atau disajikan sebagai pelengkap makanan berkuah. manfaat yang terkandung pada tomat.

1.Membantu Untuk Merawat Rambut
    Kandungan vitamin A yang terdapat dalam tomat dapat membuat rambut Anda kuat dan mengkilau jika mengkonsumsinya secara teratur.

2.Membantu Proses Diet
   Mengkonsumsi buah tomat setiap hari dapat membantu Anda menjalankan program diet. Mengapa begitu? Karena tomat mengandung banyak serat dan air yang dapat menahan rasa lapar. Anda dapat menjadikan buah tomat sebagai cemilan di waktu santai bersama salad.

3.Menjaga Kesehatan Kulit
    Tomat membuat kulit Anda tampak lembut, mencegah garis-garis halus dan kerutan. Tomat mengandung beta-karoten yang membantu melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

4.Melindungi kulit dari sinar matahari
   Mengkonsumsi tomat dapat menjaga kesehatan kulit anda, ini dikarenakan adanya kandungan likopen yang ada dalam tomat. Likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet.

5.Menjadikan tulang Kuat
    Tomat memiliki kandungan kalium, magnesium, dan fosfor yang semua yang diperlukan untuk kesehatan yang baik. Vitamin K yang terdapat pada buah tomat dapat mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis. Dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dapat mencegah dari osteoporosis.

6.Menjaga Kesehatan mata
    Selain wortel ternyata tomat juga membantu dalam menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan penglihatan mata anda.

7.Mencegah peradangan atau anti inflamasi
    Tomat tinggi bioflavonoid dan karotenoid, yang dikenal agen anti-inflamasi. sehingga tomat sangat baik untuk mencegah terjadinya peradangan. dengan begitu tomat merupakan obat alami untuk peradangan. sehingga mengkonsumsi tomat sangat baik untuk menjaga tubuh dari peradangan.

8.Menjaga kesehatan pencernaan
   kandungan serat yang tinggi pada tomat sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah tomat tersebut.

9.Mencegah Batu Ginjal dan Batu empedu
     Buah merah ini dapat mencegah batu ginjal dan batu empedu. Beberapa studi menunjukkan bahwa ginjal dan batu empedu cenderung untuk membentuk pada orang yang makan tomat tanpa biji.

10.Menurunkan Berat Badan

     Tomat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Jika Anda sedang menjalankan program diet, tak ada salahnya mengkonsumsi buah ini setiap hari. Bisa Anda sajikan buat camilan di malam hari atau bisa dihidangkan seperti salad. Sebab tomat mengandung banyak air dan serat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar