Kamis, 21 April 2016

Bakteri Spirochaeta pallida (Treponema pallidum)


SPIROCHAETA PALLIDA

Spirochaeta
Spirochaeta adalah bakteri yang panjang dan juga tipis, berbentuk pilinan yang panjangnya berkisar antara beberapa um sampai 500 um. Dinding selnya tidak sekaku dinding sel spirilla sehingga mereka dapat melengkung dengan mudah sekali walau beberapa Spirochaeta ada yang tidak berbahaya dan hidup dalam air tawar, tanah, atau tubuh hewan, tetapi ada juga yang parasit, misalnya Spirochaeta yang menyebabkan penyakit sifilis, yaitu penyakit kelamin yang menular.




PENYAKIT YANG DISEBABAN OLEH BAKTERI/VIRUS SPIROCHAETA

RAJA SINGA (SYPHILIS)penyakit sipilis adalah sejenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri spirochaeta pallida yang sekarang lazim disebut treponema pallidum. Bakteri ini berbentuk spiral berwarna putih dan lekas mati diluar tubuh manusia. Penularannya sebagaian besar terjadi melalui hubungan kelamin.

Ciri -  Ciri Terkena Penyakit Sipilis:  Adanya pembengkakan pada getah bening, atau tonjolan mirip kutil yang sangat menular yang biasanya terdapat di sekitar anus dan ketiak, sudah merupakan ciri-ciri penyakit sipilis lanjutan. Bahkan bila sipilis berlanjut ke tahap berikutnya, maka efeknya bisa merusak banyak organ tubuh lainnya. Bahkan tulangpun bisa rapuh oleh sipilis.

Ciri Ciri Kena Sipilis Pada Pria

   Sifilis bisa ditularkan dari orang yang mengidap penyakit ini. Penderita sifilis bisa dideteksi dari luka yang diakibatkan pada alat kelamin eksternal, vagina, anus, atau di dalam rektum. Luka ini juga bisa muncul pada bibir dan mulut. Makanya sangat beresiko berhubungan seks dengan orang yang mengidap penyakit ini. Tidak hanya dengan seks vaginal, anal, tapi juga dengan oral seks
    Ciri Ciri Kena Sipilis Pada Pria - Sadarilah bahwa orang yang terinfeksi dengan sifilis tak terlihat ada gejala dalam beberapa tahun. Tetapi luka yang disebabkan oleh penyakit ini bisa sembuh dengan pengobatan. Karena alasan ini, orang yang terinfeksi penyakit ini harus segera disembuhkan agar tidak sengaja menyebarkan ke orang lain
    Sifilis memiliki 3 tahapan, yaitu:

Tahap Pertama

Ciri Ciri Kena Sipilis Pada Pria - Tahap sifilis paling sering dimulai dengan munculnya sakit disebut chancre (kadang-kadang ada beberapa luka). Luka akan menjadi kecil, keras, melingkar, dan tanpa rasa sakit. Namun ketika mencapai tingkat parah maka akan terasa sakit saat kencing. Tanpa pengobatan selama 3 sampai 6 minggu dan tidak ditangani dengan baik, maka infeksi bergerak ke tahap kedua.

Tahap Kedua

Cara Mendeteksi Penyakit Sipilis - Tahap ini dimulai dengan sederhana ruam pada telapak tangan dan telapak kaki. Biasanya, bintil-bintil coklat kemerahan ini tidak ada gatal dan hanya terlihat kasar. Ruam lainnya juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya. Ini biasanya terjadi dan tanpa disadari bahwa gejala tersebut adalah sifilis. Setelah tahap kedua, maka gejala lain akhirnya muncul dalam tahap ini yang terkadang juga diasumsikan gejalan penyakit lain, seperti flu atau akibat stres. Gejala ini bisa berupa, kelelahan, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, pembengkakakn kelenjar getah bening, dan rambut rontok.

Tahap Ketiga

Ciri Ciri Kena Sipilis Pada Pria - Tahap ini dimulai ketika gejala tahap satu dan dua sudah menghilang. Infeksi yang tersimpan dalam tubuh tidak menunjukkan gejala penyakit. Tahap ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Sekitar 15 persen dari mereka yang tidak diobati akan mengembangkan tahap akhir dari sifilis. Kerusakan pada otak, jantung, mata, hati, tulang, dan sendi dapat terjadi. Kerusakan ini mungkin cukup serius untuk menyebabkan kematian.

Gejala tahap akhir sifilis

Ciri Ciri Kena Sipilis Pada Pria - Meliputi kesulitan menggerakkan otot, mati rasa, lumpuh, atau kebutaan. Karenanya, langkah yang tepat untuk dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter.



Gejala Penyakit Raja Singa Pada Wanita akan muncul  sekitar 3 minggu -  6 bulan setelah berhubungan seksual dengan penderita, umumnya penyakit sipilis ini ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut : 
  •    Muncul  benjolan dan luka di sekitar alat kelamin
  •    Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Biasanya tidak terasa sakit
  •    Dalam beberapa minggu luka akan hilang, tapi  justru bakteri akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh. Lalu  lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang organ  tubuh lain
  • Terkadang disertai pusing-pusing dan nyeri tulang seperti gejala flu
  • Muncul bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah hubungan seksual.

Berdasarkan Gejala Penyakit Raja Singa Pada Wanita memilki beberapa stadium Raja Singa yaitu :

1. Stadium pertama

    Stadium ini ditandai gejala awal  luka yang kemerahan dan basah di daerah vagina, poros usus atau mulut. Luka ini disebut dengan chancreatau syangker , dan muncul di tempat spirochaeta masuk ke tubuh seseorang untuk pertama kalinya. Pembengkakan kelenjar getah bening juga ditemukan selama stadium ini. Setelah beberapa minggu, chancre tersebut akan menghilang. Stadium ini merupakan stadium yang sangat menular.

2. Stadium kedua

     Jika Raja Singa stadium pertama  tidak diobati, biasanya para penderita akan mengalami ruam, khususnya di telapak kaki dan tangan. Mereka juga dapat menemukan adanya luka-luka di bibir,  mulut,  tenggorokan, vagina dan anus. Gejala-gejala yang mirip dengan flu,  seperti demam dan pegal-pegal, mungkin juga dialami pada stadium ini. Stadium ini umumnya  berlangsung selama 1- 2 minggu.

3. Stadium ketiga

   Jika Raja Singa stadium kedua masih juga belum diobati, para penderitanya akan mengalami apa yang disebut dengan Raja Singa laten. Hal ini berarti bahwa semua gejala penyakit akan menghilang, tapi  penyakit tersebut sebenarnya  masih bersarang dalam tubuh, dan bakteri penyebabnya pun masih bergerak di seluruh tubuh. Raja Singa laten ini dapat berlangsung hingga bertahun-tahun lamanya.

4. Stadium keempat

    Pada stadium ini penyakit ini akhirnya dikenal sebagai Raja Singa tersier. Pada Raja Singa tersier spirochaeta telah menyebar ke seluruh tubuh dan dapat merusak otak,  jantung, dan tulang.





3 komentar:

  1. Ramuan jamu godog,Raja singa,bakteri spirochaet,di kemaluan. Ampuh lenyap kan HIV.ginorhea,sipilis dll. Pesan ke sms,wa ,0896-7677-2251 pak Soleh.

    BalasHapus