Rabu, 27 April 2016

Penggolongan Mikroba Berdasarkan Atas Kebutuhan Oksigen

Penggolongan Mikroba Berdasarkan Atas Kebutuhan Oksigen, ada 5 yaitu:


1.Bakteri Aerob.

    Adalah golongan mikroba yang menggunakan oksigen bebas sebagai satu-satunya aseptor terakhir dalam proses respirasinya.Contoh bakteri aerob adalah Nitrosomonas, Nitrosococcus dan Nitrobacter.  








     Nitrosococcus dan Nitrobacter. Nitrosomonas dan Nitrosococcus (bakteri nitrit) adalah bakteri yang mengoksidasi amonia (nitrifikasi).Sedangkan Nitrobacter (bakteri nitrat) adalah bakteri yang mengoksidasi ion nitrit.


2.Bakteri Anaerob.
  
   Bakteri anaerob adalah bakteri yang tidak membutuhkan oksigen bebas untuk memperoleh energinya. Energi diperoleh bakteri ini dari pro-ses perombakan senyawa organik tanpa menggunakan oksigen (fermen-tasi). contoh: Clostridium sp



Bakteri anaerob dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu: 

A.  Bakteri anaerob obligat.
    Bakteri anaerob obligat merupakan bakteri yang hanya dapat hidup jika tidak ada oksigen. Oksigen merupakan racun bagi bakteri anaerob obligat. Contohnya adalah Micrococcus denitrificans, Clostri-dium botulinum dan Clostridium tetani.





B.  Bakteri anaerob fakultatif

     Bakteri anaerob fakultatif merupakan bakteri yang masih dapat hidup meskipun ada oksigen, namun dalam jumlah yang sedikit. Contoh bakteri anaerob fakultatif adalah Escherichia coli dan Lacto-bacillus.
 
 
3.Mikroaerob (Mikroaerofil)
  Mikroaerob  adalah golongan mikroba yang hanya memerlukan oksigen dalam jumalah yang sangat sedikit .
contoh: Lactobacillus sp.
 
 
4.Fakultatif Anaerob
   Fakultatif Anaerob adalah golongan mikroba yang hidup pada keadaan aerob dan anaerob. disebut juga anaerob toleran contoh: Bacillus sp
 

 
5.Capnofil
   capnofil adalah golongan mikroba yang memerlukan kadar oksigen rendah dan kadar karbondioksida tinggi
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar